Tuesday, February 24, 2009

KESABARAN

"orang yang memiliki kesabaran juga akan memiliki apa yang dikehendakinya."

Ketidaksabaran itu adalah salah satu penghancur terbesar dalam mendapatkan kejayaan. Alam tidak pernah tergesa-gesa, begitulah juga seharusnya yang kita lakukan. Petani yang baik tahu bahawa dia tidak boleh menanam benih selama sehari dan pada keesokannya harinya memetik hasilnya. Apakah kita bersikap seperti si petani? Apa pun benih yang kita taburkan hari ini, kita tidak boleh berharap untuk dapat menggali keesokan harinya dan menikmati hasilnya.
Kesabaran adalah sifat yang sulit dimiliki dan merupakan prinsip kejayaan yang harus dikuasai. Saya pernah kenal dengan seorang profesor yang sudah lima puluh tahun mengajar tentang kesabaran dan yang lucunya dia sendiri adalah orang yang paling tidak sabar.
Hanya ada satu jalan untuk mendapatkan kesabaran. Kita harus terlebih dahulu memahami apa sebenarnya kesabaran itu. Kedua, kita harus mempunyai semangat membara untuk menguasai nya. Ketiga, kita harus mempraktikkan sehingga menjadikannya sebagai suatu kebiasaan. Setiap kali kita merasakan serangan ketidaksabaran, kita harus melawannya dengan dengan fikiran untuk bersabar. Lakukanlah hal ini sehingga kesabaran menjadi suatu kebiasaan.

No comments: